Jadwal Program
- Jadwal 58 Senin, 26 Agustus 2024 – Jumat, 30 Agustus 2024 13:00 – 16:00 WIB (Sedang Berjalan)
Deskripsi Program
Di era modern banyak spesialis pengembangan bisnis yang belum bisa membuat strategi pemasaran, sehingga banyak peluang pengembangan bisnis yang hilang. Oleh karena itu, pelatihan ini cocok untuk Profesional dalam Manajemen Bisnis (Spesialis Pengembangan Bisnis) yang ingin meningkatkan kompetensi dalam mengidentifikasi elemen perusahaan.
Disamping itu, tujuan umum dari pelatihan ini yakni peserta mampu membuat ulang strategi pemasaran bagi kebutuhan pengembangan bisnis dengan menampilkan penguasaan 75% pada saat unjuk keterampilan. Pelatihan ini juga memiliki tujuan khusus agar peserta mampu menggunakan elemen pemasaran perusahaan, menjelaskan strategi pemasaran untuk mengembangkan usaha, mengikuti teknik pemasaran tatap muka, mengikuti teknik pemasaran online, bereaksi untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan (customer relationship).
Pelatihan ini terdiri dari 5 sesi yang akan disampaikan secara berurutan mulai dari pengenalan pemasaran, fundamental manajemen strategi, teknik pemasaran tatap muka dan daring, serta mewujudkan kepuasan pelanggan.
Tujuan Pelatihan
Tujuan Pelatihan (Umum)
Peserta pelatihan mampu membuat ulang strategi pemasaran bagi kebutuhan pengembangan bisnis dengan menampilkan penguasaan 75% pada saat unjuk keterampilan
Tujuan Pelatihan (Khusus)
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu;
- Menggunakan elemen pemasaran perusahaan
- Menjelaskan strategi pemasaran untuk mengembangkan usaha
- Mengikuti teknik pemasaran tatap muka
- Mengikuti teknik pemasaran online
- Bereaksi untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan (customer relationship) untuk pengembangan bisnis
Durasi Pelatihan
- Sesi 1 Dasar-Dasar Pemasaran (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu menjelaskan elemen pemasaran perusahaan
- Peserta mampu menunjukan mindset positif dalam menyikapi tantangan pemasaran modern
- Peserta mampu memahami Proses dan Perencanaan Pemasaran
- Peserta mampu membandingkan antara pemasaran offline and online
- Peserta mampu menyusun pembuatan profil dan memvalidasi target pasar
- Sesi 2 Fundamental Strategi Pemasaran (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu membuat ulang strategi pemasaran untuk mengembangkan usaha
- Peserta mampu memahami target pasar
- Peserta mampu memahami bauran pemasaran 4P
- Peserta mampu mempelajari segmenting, targeting, dan positioning
- Peserta mampu membuat ulang strategi pemasaran untuk mengembangkan usaha
- Sesi 3 Teknik pemasaran tatap muka (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu memahami komunikasi marketing
- Peserta mampu mengimplementasikan teknik pemasaran tatap muka
- Peserta mampu menata prioritas action plan dalam pemasaran luring
- Sesi 4 Teknik pemasaran online (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu memahami pentingnya digital marketing
- Peserta mampu Mengimplementasikan teknik pemasaran online
- Peserta mampu memahami chanel pemasaran online di era modern
- Peserta mampu mengimplementasikan pembuatan konten yang menarik dalam pemasaran online
- Peserta mampu memahami menggunakan berbagai teknik optimalisasi social media, market place, dan business website untuk pemasaran online
- Peserta mampu menata prioritas action plan dalam pemasaran online
- Sesi 5 Menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan dalam pengembangan bisnis (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu menunjukan inisiatif dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan (customer relationship) agar menjadi pelanggan loyal
- Peserta mampu memahami faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan
- Peserta mampu menilai kekuatan posisi bisnis dan pelanggan untuk pengembangan bisnis
- Peserta mampu mempelajari strategi untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan dalam pengembangan bisnis
- Peserta mampu membuat ulang program loyalitas pelanggan
Total durasi 900 menit
Aspek Kompetensi
PENGETAHUAN (KOGNISI)
- Dasar pemasaran
- Strategi pemasaran
- Teknik pemasaran tatap muka
- Teknik Pemasaran Online
- Loyalitas Pelanggan
SIKAP KERJA (AFEKSI)
- Cermat dalam mengidentifikasi elemen strategi pemasaran perusahaan
- Teliti pada detail lingkungan usaha
- Peka terhadap revolusi pemasaran di era saat ini
- Cermat dalam ,menganalisis customer journey dan memilih chanel yang sesuai dengan bisnis
- Pandai dalam menyusun program untuk membangun loyalitas pelanggan
KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)
- Membangun keterampilan dalam menganalisis dasar-dasar pemasaran
- Membangun keterampilan dalam membuat strategi pemasaran
- Menunjukkan keterampilan pemasaran tatap muka
- Menunjukkan keterampilan pemasaran online
- Menunjukkan keterampilan menganalisis program loyalitas pelanggan yang sesuai dengan bisnis
Metode Ajar
Daring
Kelompok Sasaran
Syarat dan Ketentuan Lainnya 1. Memahami Bahasa Indonesia dengan Baik 2. Masyarakat umum yang sedang mencari pekerjaan 3. Orang yang berprofesi di bidang pengembangan bisnis dengan pengalaman kurang dari 1 tahun yang ingin meningkatkan keterampilannya 4. Memiliki handphone/laptop dan koneksi internet untuk mengikuti pelatihan 5. Pendidikan minimal SMA/SMAK sederajat 6. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun 7. Jarak: tidak terbatas karena pelatihan daring
Lembaga Pelatihan
MDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 29 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.
Fasilitator Program
Nada Gerandini memulai bisnis pakaian muslimah lewat HIJRAA & Naadine.co sejak 6 tahun yang lalu. Selain aktif mengembangkan bisnis yang didirikan bersama teman baiknya, Nada juga aktif memberikan seminar terkait pengembangan bisnis terutama bagi penggiat UMKM.