Jadwal Program
-
Jadwal 83 Senin, 09 Sep 2024 – Jumat, 13 Sep 2024 13:00 – 16:00 WIB (Sedang Berjalan)- Jadwal 84 Senin, 16 Sep 2024 – Jumat, 20 Sep 2024 13:00 – 16:00 WIB (Jadwal terdekat selanjutnya)
- Jadwal 85 Senin, 23 Sep 2024 – Jumat, 27 Sep 2024 13:00 – 16:00 WIB (Jadwal terdekat selanjutnya)
Deskripsi Program
Menteri Koperasi dan UKM RI, mengatakan bahwa sekitar 50% produk yang dijual secara online adalah produk impor dibandingkan produk dalam negeri. Salah satu peranan dalam penjualan adalah spesialis pemasaran.
Namun, banyak spesialis pemasaran yang pada kenyataannya belum bisa menawarkan produk dan jasa secara efektif. Oleh karena itu, pelatihan ini cocok untuk calon Professional Periklanan dan Pemasaran (Spesialis Pemasaran) yang ingin meningkatkan kompetensi melaksanakan komunikasi efektif dan mewujudkan kepuasan pelanggan. Disamping itu, tujuan umum dari pelatihan ini yakni peserta mampu menampilkan minimal 75% terhadap langkah-langkah memasarkan produk dan jasa pada saat unjuk keterampilan.
Pelatihan ini juga memiliki tujuan khusus agar peserta dapat melaksanakan konsep pemasaran, merevisi strategi pemasaran, mengikuti langkah pemasaran tatap muka dan daring, serta menjelaskan pentingnya menjaga pelanggan agar tetap loyal. Pelatihan ini terdiri dari 5 sesi yang akan disampaikan secara berurutan mulai dari pengenalan pemasaran, fundamental manajemen strategi, teknik pemasaran tatap muka dan daring, serta mewujudkan kepuasan pelanggan.
Tujuan Pelatihan
Tujuan Pelatihan (Umum)
Peserta pelatihan mampu menampilkan minimal 75% terhadap langkah-langkah memasarkan produk dan jasa pada saat unjuk keterampilan
Tujuan Pelatihan (Khusus)
Setelah mengikuti peserta pelatihan, mampu;
- Melaksanakan konsep pemasaran dan pentingnya di era modern
- Merevisi strategi pemasaran yang diperlukan untuk usaha
- Mengikuti langkah langkah penting pemasaran tatap muka untuk memasarkan produk dan jasa
- Mengikuti langkah langkah penting pemasaran daring untuk memasarkan produk dan jasa
- Menjelaskan pentingnya menjaga pelanggan agar tetap loyal sebagai spesialis pemasaran
Durasi Pelatihan
- Sesi 1 Pengenalan pemasaran (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu mengingat arti pemasaran dan pentingya di era modern
- Peserta mampu menyatakan pandangan positif tentang profesi spesialis pemasaran
- Peserta mampu mengimplementasikan pembuatan profile pembeli
- Sesi 2 Fundamental manajemen strategi (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu menguraikan langkah-langkah pembuatan strategi pemasaran
- Peserta mampu menguraikan informasi yang relevan untuk melakukan analisa lingkungan internal dan eksternal usaha
- Peserta mampu membuat ulang strategi pemasaran yang diperlukan untuk usaha
- Sesi 3 Teknik pemasaran tatap muka dan Melaksanakan komunikasi efektif (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu melaksanakan komunikasi efektif
- Peserta mampu memahami langkah langkah penting pemasaran tatap muka untuk memasarkan produk dan jasa
- Peserta mampu menjelaskan cara-cara menarik perhatian pelanggan ketika dalam proses pemasaran tatap muka
- Sesi 4 Teknik pemasaran daring (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu memahami langkah langkah penting pemasaran daring untuk memasarkan produk dan jasa
- Peserta mampu membuat konten yang menarik dalam pemasaran daring
- Peserta mampu menggunakan berbagai teknik optimalisasi sosial media untuk pemasaran daring
- Sesi 5 Mewujudkan kepuasan pelanggan (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu menyatakan pentingnya menjaga pelanggan agar tetap loyal sebagai spesialis pemasaran
- Peserta mampu mewujudkan kepuasan pelanggan
- Peserta mampu bereaksi yang sesuai untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan
Total durasi 900 menit
Aspek Kompetensi
PENGETAHUAN (KOGNISI)
- Konsep komunikasi bisnis
- Konsep layanan prima
- Konsep dasar pemasaran
SIKAP KERJA (AFEKSI)
- Cekatan dalam melakukan adaptasi dengan gaya komunikasi tiap pembeli
- Perhatian yang detil dalam mendengarkan keluhan pelanggan
- Kreatif dalam memasarkan produk secara daring dan tatap muka
KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)
- Merespons model gaya komunikasi seorang pelanggan
- Merespons keluhan pelanggan
- Membuat ulang daftar kebutuhan pelanggan
Metode Ajar
Daring
Kelompok Sasaran
Kelas ini dapat diikuti oleh pemula (Fresh Graduate S1, Lulusan SMA maupun Lulusan SMK), orang yang bekerja atau ingin bekerja di perusahaan sebagai tenaga pemasaran atau marketing. Syarat dan Ketentuan Lainnya
1. Memahami Bahasa Indonesia dengan Baik
2. Masyarakat umum yang memasarkan suatu barang
3. Memiliki Handphone dan koneksi internet untuk mengikuti pelatihan
4. Pendidikan minimal SMP atau setara
5. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun
6. Jarak: tidak terbatas karena pelatihan daring
Lembaga Pelatihan
MDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 29 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.
Fasilitator Program
ADISYA RESTI RAHMADANTI Berpengalaman lebih dari 5 tahun dalam mengembangakan strategi pemasaran bisnis. Selain itu juga berpengalaman dalam memberikan pelatihan bisnis usaha mikro. Adisya juga aktif mebagikan pengalamannya dalam seminar seputar entrepreneurship ataupun yang berkaitan dengan strategi pengembangan bisnis.