Menjadi Penjaga Toko (shopkeeper) Yang Handal Dengan Mengetahui Dasar Mengelola Toko (Daring)

Status
Belum terdaftar
Harga
Rp1.500.000

Jadwal Program

  • Jadwal 48 Senin, 16 September 2024 – Jumat, 20 September 2024 08:00 – 11:00 WIB (Sedang Berjalan)
  • Jadwal 53 Senin, 14 Oktober 2024 – Jumat, 18 Oktober 2024 18:00 – 21:00 WIB (Jadwal terdekat selanjutnya)

Deskripsi Program

Masih banyak penjaga toko yang kesulitan dalam mengelola toko. Untuk itu, dibutuhkan pelatihan yang bisa menyasar kepada unit kompetensi seperti merekomendasikan produk dan jasa untuk meningkatkan nilai transaksi pelanggan, melakukan kegiatan pemajangan barang dagangan, dan merencanakan tingkat persediaan barang.

Tujuan umum pelatihan ini peserta diharapkan menampilkan penguasaan minimal 75% terhadap teknik pembuatan strategi pengelolaan toko dan penjualan produk pada saat unjuk keterampilan. Adapun beberapa dari tujuan khususnya, peserta diharapkan mampu melakukan fungsi dan peran dasar seorang penjaga toko, hingga melakukan analisa terhadap pelanggan yang potensial dan mampu memprioritaskannya.

Pada pelatihan ini, peserta akan mengenal tentang perkenalan tentang karir sebagai penjaga toko serta melakukan riset konsumen, merekomendasikan produk dan jasa untuk meningkatkan nilai transaksi pelanggan, melakukan kegiatan pemajangan barang dagangan (display), dan tampil sebagai penjaga toko profesional, merencanakan tingkat persediaan barang serta membuat laporan harian sederhana untuk pemilik toko, membuat database pelanggan dan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan.

 

Tujuan Pelatihan

Tujuan Pelatihan (Umum)

Peserta mampu menampilkan penguasaan minimal 75% terhadap teknik pembuatan strategi pengelolaan toko dan penjualan produk pada saat unjuk keterampilan.

Tujuan Pelatihan (Khusus)

Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:

1. Melakukan fungsi dan peran dasar seorang penjaga toko

2. Menganalisa pelanggan yang potensial dan mampu memprioritaskannya

3. Merekomendasikan Produk dan Jasa untuk Meningkatkan Nilai Transaksi Pelanggan

4. Melakukan Kegiatan Pemajangan Barang Dagangan (Display)

5. Merencanakan Tingkat Persediaan Barang

6. Menerapkan langkah-langkah menjaga kepuasan pelanggan

 

Durasi Pelatihan

  1. Sesi 1: Perkenalan tentang karir sebagai penjaga toko Serta melakukan riset konsumen (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu melakukan fungsi dan peran dasar seorang penjaga toko
  • Peserta mampu menganalisa pelanggan yang potensial dan mampu memprioritaskannya
  • Peserta memahami karakteristik target konsumen
  1. Sesi 2: Merekomendasikan Produk dan Jasa untuk Meningkatkan Nilai Transaksi Pelanggan (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu merekomendasikan Produk dan Jasa untuk Meningkatkan Nilai Transaksi Pelanggan
  • Peserta memiliki kemampuan untuk menghadapi konsumen yang mengajukan keberatan
  1. Sesi 3: Melakukan Kegiatan Pemajangan Barang Dagangan (Display), dan tampil sebagai penjaga toko profesional (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu dan memiliki inisiatif untuk membuat toko / booth pameran terlihat rapi dan menarik
  • Peserta mampu melakukan Kegiatan Pemajangan Barang Dagangan (Display)Peserta mampu menarik perhatian pelanggan dengan teknik AIDA
  • Peserta memiliki keterampilan untuk tampil rapi dan profesional di depan konsumen
  1. Sesi 4: Merencanakan Tingkat Persediaan Barang serta membuat laporan harian sederhana untuk pemilik toko. (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu mengelola inventory toko dengan baik dan aman
  • Peserta mampu merencanakan Tingkat Persediaan Barang
  1. Sesi 5: Membuat database pelanggan dan Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu Menerapkan langkah-langkah menjaga kepuasan pelanggan
  • Peserta bisa mendapatkan data calon pelanggan potensial untuk dihubungi lebih lanjut
  • Peserta memiliki pola pikir yang baik sebagai seorang peraga penjual yang profesional

Total durasi 900 menit

Aspek Kompetensi

PENGETAHUAN (KOGNISI)

  • Teknik menjual
  • Dasar dasar manajemen inventori sederhana
  • Teknik menutup penjualan
  • Standar visual merchandising
  • Pengendalian persediaan

SIKAP KERJA (AFEKSI)

  • Proaktif belajar dan menggali informasi mengenai produk dan jasa, fitur, keunggulan dan manfaat
  • Cermat mengidentifikasi preferensi pelanggan dan memastikan motif membeli pelanggan
  • Sopan dan bersahabat melayani pelanggan
  • Inisiatif membersihkan, merapikan, mengganti, menata display
  • Teliti dalam menghitung persediaan dan stok

KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)

  • Menerapkan langkah langkah menjual produk
  • Memastikan toko/ booth fisik terlihat baik
  • Menampilkan komunikasi efektif dalam merekomendasikan produk dan jasa, dan menyampaikan solusi
  • Mengidentifikasi tanda-tanda (signal) pembelian dari pelanggan
  • Menghitung kebutuhan persediaan untuk perencanaan pembelian

Metode Ajar

Daring

Kelompok Sasaran

Kelas ini dapat diikuti oleh pemula (Fresh Graduate S1, Lulusan SD, SMP maupun Lulusan SMA/SMK), orang yang bekerja atau ingin bekerja di pertokoan. Persyaratan:

  1. Lulusan SD / Sederajat
  2. Berusia diatas 18 Tahun
  3. Memahami Bahasa Indonesia dengan Baik
  4. Masyarakat umum yang sedang mencari pekerjaan
  5. Pengaja toko / counter dengan pengalaman kurang dari 1 tahun yang ingin meningkatkan keterampilannya
  6. Memiliki Handphone dan koneksi internet untuk mengikuti pelatihan

 

Lembaga Pelatihan

MDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 29 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.

Fasilitator Program

Arif Hidayat, S. S telah berpengalaman lebih dari 5 tahun sebagai praktisi UMKM yang bergerak dibidang kuliner sebagai pemilik Bunda Zahir’s Corner dan telah membantu berbagai UMKM di Indonesia seperti Somay LeeLoo, DutaPisang, TomaTomi dan masih banyak lagi. Selain aktif di dunia UMKM, Arif Hidayat juga aktif sebagai penulis buku yang berjudul Jodoh Pasti Bertemu dan How to build a billionaire dollar Startup.

Pelatihan Content

Buka semua
Scroll to Top
× Butuh bantuan?