Deskripsi Program
Pelatihan ini sangat direkomendasikan bagi Penjaga Toko atau siapapun yang ingin bekerja sebagai Penjaga Toko. Pembelajaran mandiri ini dirancang dengan tujuan umum agar peserta mampu mengikuti langkah peningkatan penjualan toko dengan minimal 75% pada saat unjuk keterampilan.
Kompetensi yang diajarkan pada pelatihan ini sesuai dengan SKKNI Nomor 16 Tahun 2018 tentang Ritel Modern yaitu Menjalankan Tugas dan Tanggung Jawab Pribadi, Melakukan Interaksi Aktif dalam Membantu Pelanggan Berbelanja dan Melakukan Interaksi Aktif dalam Membantu Pelanggan Berbelanja.
Tujuan khusus pelatihan ini diataranya mengikuti tugas dan tanggung jawab pribadi sebagai penjaga toko, menginisiasi pengelolaan toko yang baik, mengimplementasikan strategi Komunikasi Efektif, menyusun ulang teknik menjual Produk dan Pelayanan RiteL, membangun Interaksi Aktif dalam Membantu Pelanggan Berbelanja.
Tujuan Pelatihan
Tujuan Pelatihan (Umum)
Peserta mampu mengikuti langkah peningkatan penjualan toko dengan minimal 75% pada saat unjuk keterampilan.
Tujuan Pelatihan (Khusus)
Setelah mengikuti peserta pelatihan, mampu;
- Peserta mampu mengikuti tugas dan tanggung jawab pribadi sebagai penjaga toko
- Peserta mampu menginisiasi pengelolaan toko yang baik
- Peserta mampu mengimplementasikan strategi Komunikasi Efektif
- Peserta mampu menyusun ulang teknik menjual Produk dan Pelayanan RiteL
- Peserta mampu membangun Interaksi Aktif dalam Membantu Pelanggan Berbelanja
Durasi Pelatihan
- Sesi 1 Menjalankan Tugas dan Tanggung Jawab Pribadi (112 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu mengikuti tugas dan tanggung jawab pribadi sebagai penjaga toko
- Sesi 2 Persiapan untuk Mengelola Toko (78 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu menginisiasi pengelolaan toko yang baik
- Sesi 3 Memahami Konsumen dan Komunikasi Efektif (117 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu mengimplementasikan strategi Komunikasi Efektif
- Sesi 4 Menjual Produk dan Pelayanan Ritel (117 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu menyusun ulang teknik menjual Produk dan Pelayanan Ritel
- Sesi 5 Melakukan Interaksi Aktif dalam Membantu Pelanggan Berbelanja (120 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu membangun Interaksi Aktif dalam Membantu Pelanggan Berbelanja
Total durasi 546 menit 17 detik
Aspek Kompetensi
PENGETAHUAN (KOGNISI)
- Teknik untuk memprioritaskan tugas kerja
- Standar pelayanan pelanggan dan penanganan keluhan yang berlaku di gerai
- Teknik menjual
SIKAP KERJA (AFEKSI)
- Tepat dalam memprioritaskan tugas kerja
- Komunikatif saat berkomunikasi dengan pelanggan
- Proaktif belajar dan menggali informasi mengenai produk dan jasa, fitur, keunggulan, dan manfaat
KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)
- Mengikuti tugas dan tanggung jawab penjaga toko
- Menginisiasi pengelolaan toko yang baik
- Menyusun ulang teknik menjual Produk dan Pelayanan Ritel
Metode Ajar
Pembelajaran Mandiri
Kelompok Sasaran
Syarat dan Ketentuan Lainnya:
1. Memahami Bahasa Indonesia dengan Baik
2. Peserta yang ingin memahami shopkeeper dengan lebih baik
3. Memiliki Handphone dan koneksi internet untuk mengikuti pelatihan”
4. Pendidikan minimal SMP/Sederajat atau setara
5. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun
6. Jarak: tidak terbatas karena pelatihan daring
7. Alat praktik: laptop dengan koneksi internet dan Ms office
Lembaga Pelatihan
MDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 29 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.
Fasilitator Program
Arif Hidayat, S. S telah berpengalaman lebih dari 5 tahun sebagai praktisi UMKM yang bergerak dibidang kuliner sebagai pemilik Bunda Zahir’s Corner dan telah membantu berbagai UMKM di Indonesia seperti Somay LeeLoo, DutaPisang, TomaTomi dan masih banyak lagi. Selain aktif di dunia UMKM, Arif Hidayat juga aktif sebagai penulis buku yang berjudul Jodoh Pasti Bertemu dan How to build a billionaire dollar Startup.