Jadwal Program
- Jadwal 61 Senin, 26 Agustus 2024 – Jumat, 30 Agustus 2024 08:00 – 11:00 WIB (Sedang Berlangsung)
Deskripsi Program
Diera yang super kompetitif ini, okupasi penjual pintu ke pintu harus meningkatkan kemampuannya agar mampu bersaing. Didalam pelatihan untuk okupasi penjual pintu ke pintu ini kompetensi yang akan dilatih antara lain melaksanakan komunikasi efektif, melaksanakan keterampilan penjualan, menyusun rencana aktifitas penjualan. Modul ini memiliki tujuan umum, dengan mengikuti program ini diharapkan peserta akan menampilkan penguasaan materi minimal 75% dalam membangun keterampilan penjualan secara komunikatif di sesi unjuk keterampilan. Tujuan khusus yang ingin dicapai antara lain, peserta mampu Melakukan peran dan fungsi penjual pintu ke pintu, Menyusun Rencana Aktivitas Penjualan, Melakukan penyesuaian gaya komunikasi yang tepat di situasi yang tepat , Melaksanakan keterampilan penjualan. Pembahasan dimulai dengan mengenal peran dan fungsi penjual pintu ke pintu, cara menyusun rencana aktifitas penjualan, cara menyesuaikan gaya komunikasi, melaksanakan komunikasi efektif, melaksanakan keterampilan penjualan, merespon keberatan dengan efektif, mampu mendemonstrasikan langkah-langkah mendapatkan komitmen pembelian
Tujuan Pelatihan
Tujuan Pelatihan (Umum)
Peserta mampu menampilkan penguasaan minimal 75% terhadap keterampilan penjualan secara komunikatif pada saat praktek main peran (roleplay) di sesi unjuk keterampilan
Tujuan Pelatihan (Khusus)
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
- Melakukan peran dan fungsi penjual pintu ke pintu
- Menyusun Rencana Aktivitas Penjualan
- Melakukan penyesuaian gaya komunikasi yang tepat di situasi yang tepat
- Melaksanakan komunikasi efektif
- Melaksanakan keterampilan penjualan
- Merespons keberatan pelanggan dengan efektif
- Mendemonstrasikan langkah-langkah mendapatkan komitmen pembelian (closing)
Durasi Pelatihan
- Sesi 1 Peran penjual pintu ke pintu Profesional (120 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu memahami peran dan fungsi penjual pintu ke pintu
- Peserta mampu menyatakan pandangan positif tentang profesi penjual pintu ke pintu
- Peserta mampu melakukan penyesuaian gaya penjualan yang tepat di situasi yang tepat
- Sesi 2 Menjual secara efektif dengan memahami perencanaan penjualan (60 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu Menyusun Rencana Aktivitas Penjualan
- Peserta mampu melaksanakan pengelolaan waktu
- Peserta mampu menentukkan prioritas pekerjaan dalam satu hari
- Peserta mampu membuat daftar dan target pekerjaan harian
- Sesi 3 Riset pelanggan dan membuat sasaran penjualan (60 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta melakukan penyesuaian gaya komunikasi yang tepat di situasi yang tepat
- Peserta mampu menguraikan informasi yang relevan untuk riset pelanggan
- Peserta mampu membuat ulang sasaran penjualan dengan konsep SMART goal
- Sesi 4 Komunikasi Efektif dengan pelanggan (120 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta Mampu melaksanakan komunikasi efektif
- Peserta mampu melakukan penyesuaian gaya komunikasi yang tepat di situasi yang tepat
- Peserta mampu menjelaskan cara-cara menarik perhatian pelanggan ketika dalam proses penjualan daring dan luring
- Peserta mampu melengkapi pertanyaan yang dapat memancing jawaban pelanggan
- Peserta mampu melaksanakan penggalian kebutuhan (probing) terhadap calon pelanggan potensial
- Sesi 5 Melaksanakan keterampilan penjualan (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu melaksanakan keterampilan penjualan
- Peserta mampu membuat ulang manfaat dari produk dan jasa yang ditawarkan untuk digunakan dalam proses penjualan
- Peserta mampu melaksanakan komunikasi efektif dengan menjelaskan manfaat produk berdasarkan sudut pandang pelanggan
- Sesi 6 Menjawab keberatan dengan profesional (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu merespons keberatan pelanggan dengan efektif
- Peserta mampu menggunakan berbagai teknik menjawab keberatan dari pelanggan ketika proses penjualan
- Sesi 7 Menutup penjualan dan menjaga hubungan dengan pelanggan (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu mendemonstrasikan langkah-langkah mendapatkan komitmen pembelian (closing)
- Peserta mampu bereaksi yang sesuai untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan Menutup penjualan dan menjaga hubungan dengan pelanggan
- Peserta mampu mengidentifikasi waktu dan tanda-tanda (verbal dan nonverbal) yang tepat untuk penutupan penjualan
Total durasi 900 menit
Aspek Kompetensi
PENGETAHUAN (KOGNISI)
Konsep komunikasi bisnis
- Konsep komunikasi bisnis
- Metode pengelolaan waktu
- Konsep keterampilan penjualan
- Cara menggali kebutuhan (probing) terhadap calon pelanggan potensial
- Langkah penanganan terhadap keberatan pelanggan
SIKAP KERJA (AFEKSI)
- Sikap cekatan dalam melakukan adaptasi dengan gaya komunikasi tiap pembeli
- Kritis mengidentifikasi gaya komunikasi pelanggan
- Giat dalam menjalankan tugas harian di bidang penjualan
- Perhatian pada detail elemen-elemen keterampilan menjual
- Jeli dalam membedakan keunggulan produk sendiri dan keunggulan produk kompetitor
KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)
- Merespons model gaya komunikasi seorang pelanggan
- Merespon pelanggan dengan komunikasi verbal dan non verbal
- Membuat rencana aktifitas penjualan
- Membuat ulang analisa fitur dan manfaat dari produk dan jasa yang dijual
- Mengikuti langkah-langkah menangani keberatan pelanggan
Metode Ajar
Daring
Kelompok Sasaran
Syarat dan Ketentuan Lainnya 1. Memahami Bahasa Indonesia dengan Baik 2. Masyarakat umum yang menjadi penjual pintu ke pintu 3. Memiliki Handphone dan koneksi internet untuk mengikuti pelatihan” 4. Pendidikan minimal SD atau setara 5. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun 6. Jarak: 0-50km dari Jakarta
Lembaga Pelatihan
MDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 30 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.
Fasilitator Program
Halim Raharusun memiliki pengalaman dibidang penjualan dan pemasaran selama 13 tahun serta 21 tahun dibidang training.
Saat ini Halim Raharusun aktif sebagai pengajar dibidang : Sales, Team Building, Leadership, Coaching Skills, Financial Planning, Digital Marketing dll