Jadwal Program
Jadwal 60 Senin, 09 Sep 2024 – Jumat, 13 Sep 2024 18:00 – 21:00 WIB (Sedang Berjalan)- Jadwal 61 Senin, 16 Sep 2024 – Jumat, 20 Sep 2024 18:00 – 21:00 WIB (Jadwal terdekat selanjutnya)
- Jadwal 62 Senin, 23 Sep 2024 – Jumat, 27 Sep 2024 18:00 – 21:00 WIB (Jadwal terdekat selanjutnya)
Deskripsi Program
Rendahnya kualitas tenaga pemasaran dapat menurunkan penjualan dan membuat UMKM bangkrut. Sayangnya, pada saat ini banyak Spesialis Pemasaran yang belum kompeten, sehingga banyak peluang penjualan yang hilang.
Untuk menangani hal tersebut, perlu diadakan pelatihan yang menyasar pada unit kompetensi, seperti: Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan hingga menggunakan media sosial dan aplikasi daring, dan Mengelola Program Loyalitas Pelanggan.
Pelatihan ini memiliki tujuan umum dimana peserta diharapkan menampilkan penguasaan minimal 75% terhadap strategi pemasaran bagi kebutuhan UMKM pada saat unjuk keterampilan. Selain itu, tujuan khusus pelatihan ini peserta diharapkan mampu menjelaskan elemen pemasaran perusahaan, membuat ulang strategi pemasaran untuk mengembangkan usaha, mampu mengimplementasikan teknik pemasaran tatap muka, mengimplementasikan teknik pemasaran online, menunjukan inisiatif dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan (customer relationship) agar menjadi pelanggan loyal.
Di pelatihan ini, peserta akan mempelajari banyak hal. Beberapa diantaranya: pengenalan pemasaran, fundamental manajemen strategi, teknik pemasaran daring, mewujudkan kepuasan pelanggan.
Tujuan Pelatihan
Tujuan Pelatihan (Umum)
Peserta pelatihan mampu membuat ulang strategi pemasaran bagi kebutuhan UMKM dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat praktik mandiri
Tujuan Pelatihan (Khusus)
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu;
- Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan
- Membuat ulang strategi pemasaran untuk mengembangkan usaha
- Mengimplementasikan teknik pemasaran tatap muka
- Mengimplementasikan teknik pemasaran online
- Menunjukan inisiatif dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan (customer relationship) agar menjadi pelanggan loyal
Durasi Pelatihan
- Sesi 1 Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan
- Peserta mampu menunjukan mindset positif dalam menyikapi tantangan pemasaran modern
- Peserta mampu memahami Proses dan Perencanaan Pemasaran
- Peserta mampu membandingkan antara pemasaran offline and online
- Peserta mampu menyusun pembuatan profil dan memvalidasi target pasar
- Sesi 2 Fundamental Strategi Pemasaran (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu membuat ulang strategi pemasaran untuk mengembangkan usaha
- Peserta mampu memahami target pasar
- Peserta mampu memahami bauran pemasaran 4P
- Peserta mampu mempelajari segmenting, targeting, dan positioning
- Peserta mampu membuat ulang strategi pemasaran untuk mengembangkan usaha
- Sesi 3 Teknik pemasaran tatap muka (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu memahami komunikasi marketing
- Peserta mampu mengimplementasikan teknik pemasaran tatap muka
- Peserta mampu menata prioritas action plan dalam pemasaran luring
- Sesi 4 Teknik pemasaran online (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu memahami pentingnya digital marketing
- Peserta mampu Mengimplementasikan teknik pemasaran online
- Peserta mampu memahami chanel pemasaran online di era modern
- Peserta mampu mengimplementasikan pembuatan konten yang menarik dalam pemasaran online
- Peserta mampu memahami menggunakan berbagai teknik optimalisasi social media, market place, dan business website untuk pemasaran online
- Peserta mampu menata prioritas action plan dalam pemasaran online
- Sesi 5 Membuat pelanggan loyal (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu menunjukan inisiatif dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan (customer relationship) agar menjadi pelanggan loyal
- Peserta mampu memahami faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan
- Peserta mampu mempelajari strategi untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan dalam pengembangan bisnis
- Peserta mampu membuat ulang program loyalitas pelanggan
Total durasi 900 menit
Aspek Kompetensi
PENGETAHUAN (KOGNISI)
- Mampu menggunakan konsep dasar pemasaran
- Mampu menggunakan pentingnya strategi pemasaran
- Mampu mengimplementasikan pembuatan konten yang menarik dalam pemasaran online
- Mampu memahami pentingnya menjaga pelanggan agar tetap loyal sebagai profesional pemasaran
SIKAP KERJA (AFEKSI)
- Mampu membandingkan antara pemasaran offline and online
- Mampu mempelajari segmenting, targeting, dan positioning
- Mampu mempelajari teknik pemasaran online dan offline
- Mampu mempelajari strategi untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan dalam pengembangan bisnis
KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)
- Mampu menyusun pembuatan profil dan memvalidasi target pasar
- Mampu membuat ulang elemen strategi pemasaran perusahaan
- Mampu menata prioritas action plan dalam pemasaran online
- Mampu membuat ulang program loyalitas pelanggan
Metode Ajar
Daring
Kelompok Sasaran
Syarat dan Ketentuan Lainnya 1. UMKM 2. Memahami Bahasa Indonesia dengan Baik 3. Masyarakat umum yang sedang mencari pekerjaan 4. Orang yang berprofesi di bidang pemasaran dengan pengalaman kurang dari 1 tahun yang ingin meningkatkan keterampilannya 5. Memiliki handphone/laptop dan koneksi internet untuk mengikuti pelatihan
Lembaga Pelatihan
MDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 29 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.
Fasilitator Program
Arif Hidayat, S. S telah berpengalaman lebih dari 5 tahun sebagai praktisi UMKM yang bergerak dibidang kuliner sebagai pemilik Bunda Zahir’s Corner dan telah membantu berbagai UMKM di Indonesia seperti Somay LeeLoo, DutaPisang, TomaTomi dan masih banyak lagi. Selain aktif di dunia UMKM, Arif Hidayat juga aktif sebagai penulis buku yang berjudul Jodoh Pasti Bertemu dan How to build a billionaire dollar Startup.